3 Kunci Utama Menjadi Penulis


Bagaimana cara menulis yang baik dan benar? Well, pada dasarnya tidak banyak orang yang sempat terniat untuk menjadi penulis, meskipun setiap hari mereka menulis, mulai dari sekedar status Facebook atau twitter, sms, memo, dan sebagainya. Dan jika Kamu adalah salah satu dari yang tidak banyak tersebut, pada awalnya Kamu akan menyampaikan pertanyaan tersebut. Apakah Kamu termasuk yang mempertanyakannya? Jika iya, maka Kamu sudah mempunyai kunci pertama untuk bisa menulis, sebutlah keinginan.
Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Setiap orang akan bisa menulis dengan baik dengan latihan yang terus menerus. Oleh sebab itu, kunci kedua dalam dunia penulisan adalah keep moving. Ibarat seorang pemain bola, pada awalnya ia pasti mengalami kesulitan hanya untuk menendang bola dengan benar. Akan tetapi, ia akan terus bermain dan bermain. Setiap hari ia terus menendang dan menendang bola. Setiap tendangan yang ia lakukan, setiap itulah kemampuan menendangnya bertambah. Pada akhirnya, ia akan menjadi seorang pemain bola yang handal, yang bisa menedang dengan baik, bahkan juga menguasai banyak trik-trik jitu dalam sepak bola. Seperti itu pula lah kemampuan menulis seseorang terus berkembang.
Selain itu, kata kunci lainnya yang tidak kalah penting dalam menulis adalah ‘cinta’. Seorang harus mencintai menulis supaya dia bisa terus menulis dan menulis. Sebagaimana analogi dengan sepak bola di atas, jika Kamu bukanlah orang yang mencintai sepak bola, maka Kamu tidak akan mau repot berlari ke sana ke mari, mengejar, dan menendang bola. Pada akhirnya, Kamu tidak akan menjadi seorang pemain bola yang handal. Akan tetapi, berbeda kasusnya jika kamu mencintai sepak bola tentunya. Begitu pula lah dunia kepenulisan.
Jika Kamu sudah mempunyai ketiga kunci tersebut, keinginan, cinta, dan usaha terus-menerus, tidak diragukan lagi Kamu akan menjadi seorang penulis yang handal. Akan tetapi, melalui tulisan ini saya akan memberi tips, jika kamu adalah seorang penulis pemula. Bukan berarti saya adalah penulis professional, hanya saja berbagi ilmu itu sangat dianjurkan bukan? Hitung-hitung biar lebih banyak lagi yang mau menulis dan meningkatkan minat baca-tulis masyarakat Indonesia. Amin…!
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s