Frasa


Sekarang, kita beralih kepada yang berikutnya, frasa. Apa itu frasa? Kali ini, saya hanya akan katakana bahwa frasa hanyalah sebuah kata. Ya, keduanya adalah sama. Hanya saja, perbedaannya kata bersifat tunggal, akan tetapi frasa terdiri dari beberapa kata meskipun ia dianggap satu kata. Lantas, apa perbedaan frasa dengan kalimat? Tentu saja berbeda, dan nanti akan jelas ketika saya sampaikan dalam contoh. Akan tetapi, sekarang saya katakan bahwa frasa adalah kalimat yang kemudian berubah menjadi kata karena ada tambahan-tambahan kecil.

Juhdi menulis dengan pulpen Dhea.
Ini merupakan sebuah kalimat. Kembali kepada pelajaran sebelumnya, pada kalimat di atas, Juhdi merupakan subjek, dan menulis merupakan prediket, sementara yang lainnya bisa diabaikan. Kalimat di atas jelas ingin menyatakan bahwa Juhdi sedang menulis. Akan tetapi, suatu saat, Kamu ingin mengembangkan kalimatnya. Kamu ingin menyatakan bahwa Juhdi sedang tidur, sementara sebelumnya Kamu sudah menyatakan bahwa Juhdi yang dimaksud adalah Juhdi yang menulis. Maka, proses pertama, Kamu akan menambahkan satu kata saja pada kalimat tersebut, yaitu “yang”.
Juhdi yang menulis dengan pulpen Dhea,
Pada contoh di atas, saya mengakihirnya dengan tanda koma, bukan titik. Iya, karena ia bukanlah sebuah kalimat. Penambahan kata yangmerubahnya menjadi “kata”, lebih tepatnya frasa (ingat, sederhananya frasa sama dengan kata). Tadi kamu telah akan mengembangkan kalimat yang menyatakan bahwa Juhdi sedang tidur. Maka, kalimatnya kemudian menjadi:
Juhdi yang menulis dengan pulpen Dhea telah tidur.
Di sini, barulah ia lengkap menjadi sebuah kalimat. “Juhdi yang menulis dengan pulpen Dhea” merupakan satu kesatuan frasa, dan oleh sebab itu ia dianggap sama dengan kata. Dalam kalimat itu, ia menempati diri sebagai subjek, dan tidur adalah prediketnya. Gampang kan?
Jika gampang, coba perhatikan contoh berikut ini:
Kehidupan yang semakin rumit menyediakan tantangan dan rintangan yang tidak boleh dihindari.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s