Tentang Panggilan ‘Antum’


Suatu ketika saya berdiskusi ttg panggilan sopan ‘Antum’ dg seorang senior. Dia bilang, “Jikalau lah benar demikian, mestinya kita temukan hadis sahabat menggunakan antum kepada Nabi.” Saya tertegun mendengarnya, karena saya juga belum pernah mendengar sahabat menggunakan antum kepada Nabi. Mungkin saja sih ada, tapi saya belum pernah temukan. Yang pasti beliau lebih banyak tau hadis dari pada saya. Itulah mengapa saya tertegun. Selain itu, salah seorang teman kelas dari teman saya di UIN Sunan Kalijaga berasal dari Jeddah. Mereka juga pernah mendiskusikan hal ini. Jadi, jika ia diyakini berasal dari Arab, itu hanya benar dari segi kosa kata. Akan tetapi dari segi norma kesopanan, orang Arab juga tidak menggunakan budaya itu. Lantas dari manakah munculnya?

Baru-baru ini, saya membaca sebuah novel terjemahan dr belanda, Max Havelar, ditulis oleh Multatuli (nama pena dari Doewes Dekker). Pada Bab IV, diceritakan bahwa si tokoh utama kaget dan prihatin mendengar anak dari temannya memanggil ibunya dengan kata ganti orang kedua tunggal. “Bukankah seharusnya ia menggunakan kata ganti orang kedua jamak?” ia tertegun. Membaca ini saya kemudian membayangkan, jangan-jangan, orang Indonesia terbiasa menggunakan kata antum sebagai bentuk kesopanan itu pengaruh dari dua budaya, Arab dan Belanda; Arab untuk kosa kata, dan Belanda untuk norma kesopanan. Ya kita taulah mengapa 2 negara tersebut begitu berpengaruh di Indonesia.

Jika demikian, kita layak mempertanyakan, benarkan ‘antum’ lebih Islami dari pada, misalnya, ‘Anda’? Karena sebagian orang merasa demikian dan merasa kata itu lebih bergengsi, sepertinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s