Hedging dan Kerendahan Hati


Tema dalam academic writing pagi ini adalah hedging. Hedging adalah sebuah tekik yang dilakukan oleh penulis untuk bersikap seolah tidak tegas. Kata/kalimat yang terlalu straight dan denotatif diganti dengan model yang lebih halus dan abu. Misalnya, ‘the evidence proves that’ diganti dengan ‘suggests that’; ‘this is the best method’ diganti dengan ‘this might be one of the best methods’; dan sebagainya. Teknik ini juga berlaku dalam bahasa Indonesia. Dalam literatur berbahasa Arab, ini biasa kita temui di pendahuluan ketika seorang mushannif menyebut dirinya sebagai seorang faqir, haqir, dha’if dan sebagainya, atau wallahu a’lam bi al-shawab di akhir tulisan.
Hedging bukan berarti penulis tidak yakin dengan apa yang ia tulis. Ia seide dengan ‘pendapat-saya-benar-tapi-mungkin-salah, -dan-pendapat-orang-salah-tapi-mungkin-saja-benar’-nya Imam al-Syafi’i. Cara ini memperlihatkan kesadaran bahwa setiap orang memiliki pendapat yang berbeda yang pantas dipertimbangkan. Hedging digunakan untuk memperlihatkan kehati-hatian dan kerendahan hati. Ilmu itu begitu luas, sehingga seorang penulis cenderung bersikap hati-hati dengan apa yang ia tulis/sampaikan.

Seorang pelajar perlu mempelajari etika ini. Terkadang, kita menemui orang yang arogan dengan apa yang ia tulis. Ia beretorika dan berapologi menggunakan kata-kata yang precise dan cenderung hitam-putih. Model seperti ini cenderung lupa bahwa mungkin saja ia salah atau mungkin orang memiliki pendapat dan sudut pandang yang berbeda. Tapi percayalah, itu tidak akan membuatmu menjadi wah; tidak juga memberikan efek wow bagi pembaca/pendengar. Sebagian orang mungkin tertipu dengan gaya. Tapi lambat laun pembaca akan merasa bosan dengan tulisan-tulisan semacam itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s